Tugas 2 Kelas IX (21 Maret 2020)


     



Kerjakan Soal-soal berikut ini pada buku tugas kalian. Sekalian cantumkan juga jawaban soal nomor 1-25 yang lalu. Setelah selesai, kirim juga hasilnya via e-mail = kangadeneuzep@gmail.com.

       Jika kalian sudah kirim e-mail-nya, beritahu dulu lewat kolom komentar di bawah. 
      Okeee ...!?

26.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut ini!
“Kau masih baru tamat sekolah. Kau belum pantas berpacaran. Aku tak ingin kau berhubungan dengan, si tukang kredit itu.”
Uni Ida hanya diam dengan menekukkan wajah ke lantai. Tak berani menatap wajah Abak.
“Aku tak ingin lagi mendengar bila kau berjumpa dengannya. Aku merasa dia bukan orang baik-baik. Jangan pernah berhubungan dengan orang yang tak tahu asal-usulnya. Kau mengerti?”
Uni Ida tak menyahut kata-kata Abak. Mulutnya membisu. Tubuhnya kaku. Ia serupa patung. Tapi airmata Uni Ida tumpah. Membasahi pipinya. Dan Abak tidak memikirkan tentang airmata. Bagi Abak, keputusannya tak boleh dilanggar. Mak, tak berani menyahut. Mak hanya diam. Kaku. Tapi di akhir pertemuan malam itu, Abak sempat menyalahkan Mak.
“Ini ulahmu, mengundang si tukang kredit itu datang ke rumah,” kata Abak.
Konflik kutipan teks cerpen tersebut adalah ....
A.     Abak marah kepada Mak karena menitipkan uang kredit kepada Uni Ida
B.     Abak melarang Uni Ida berpacaran dengan tukang kredit
C.     Abak melarang Uni Ida berpacaran karena baru tamat sekolah
D.    Abak mengusir tukang kredit karena berpacaran dengan Uni Ida

27.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut ini!
(1)Lingkaran tersebut sempat riuh sebelum mendadak hening ketika gadis itu menyeret salah seorang ke tengah lingkaran.
(2) “Nah, sekarang, katakan padaku, mengapa kau memberiku sekantong ikan cuma-cuma?”
(3) “Kau telah menumpas segala bentuk kejahatan di Sunda Kelapa.” Wajah laki-laki yang tak lain penjual ikan itu memucat. “Kepada seseorang yang telah memberikan rasa aman, apa yang kami lakukan sungguh tak ada apa-apanya.”
(4) “Lalu, kenapa orang yang’’telah berbuat baik itu’ harus kalian asingkan?”
Tindakan terpuji tokoh ditandai nomor ....
A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

28.    Bacalah kutipan teks fabel berikut ini!
Setelah mendengar kata-kata tersebut si semut tetap bijaksana dan tidak mengindahkan ajakan si Kelinci, ia pun pamit pulang. Siapa sangka musim panas berakhir lebih cepat dari biasanya. Kelinci yang sehari-harinya selalu bergembira  kini panik bukan main. Ia tidak punya tempat tinggal yang layak dan persediaan makanannya sudah habis.
Dengan langkah gontai si belalang  menuju rumah semut. Dia memohon kepada semut agar diberikan makanan dan dibolehkan tinggal di rumah semut. Mendengar permohonan itu semut menjawab, “Maaf, tapi saya tidak bisa membantu karena rumah saya terlalu sempit untuk anda dan jumlah persediaan makanan yang ada hanya cukup untuk saya sekelurga.
Belalang akhirnya pergi dengan rasa penyesalan dan kesedihan. Dalam hatinya dia berkata, “Seandainya aku mengikuti kebiasaan semut untuk bekerja keras, pasti sekarang aku sudah kenyang dan bisa tidur nyenyak di rumah.
Watak tokoh Belalang dalam teks fabel tersebut adalah ....
A.     Gigih
B.     Bijaksana
C.     Panik
D.    Malas

29.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut ini!
Setelah bertahun-tahun menjadi perias mayat, ia tetap merasa gamang tiap mengingat Bu Tundri. Ketika Bu Tundri meninggal karena kanker kulit, ia juga yang merias mayatnya. Kulit wajahnya yang gampang rontok bila tersentuh dan penuh bintik hitam ia lamur dengan bedak dasar, agar kembali bersih mulus. Ketika merias mayat Bu Tundri, ia termenung menatap wajah perempuan yang terbaring dalam peti mati itu: apakah harus kesal karena merasa telah dijerumuskan pada pekerjaan ini, atau ia harus berterima kasih karena berkat Bu Tundri, ia bisa punya pekerjaan. Ketika banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan, punya pekerjaan sebagai perias mayat tentu saja masih jauh lebih beruntung daripada menjadi pengangguran.

Pengubahan kutipan tersebut menjadi sudut pandang orang pertama adalah ....
  A.      Setelah bertahun-tahun menjadi perias mayat, aku tetap merasa gamang tiap mengingat Bu Tundri. Ketika Bu Tundri meninggal karena kanker kulit, aku juga yang merias mayatnya. Kulit wajahnya yang gampang rontok bila tersentuh dan penuh bintik hitam kulamur dengan bedak dasar, agar kembali bersih mulus. Ketika merias mayat Bu Tundri, aku termenung menatap wajah perempuan yang terbaring dalam peti mati itu: apakah harus kesal karena merasa telah dijerumuskan pada pekerjaan ini, atau aku harus berterima kasih karena berkat Bu Tundri, aku bisa punya pekerjaan. Ketika banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan, punya pekerjaan sebagai perias mayat tentu saja masih jauh lebih beruntung daripada menjadi pengangguran.
  B.      Setelah bertahun-tahun menjadi perias mayat, aku tetap merasa gamang tiap mengingat Bu Tundri. Ketika Bu Tundri meninggal karena kanker kulit, ia juga yang merias mayatnya. Kulit wajahnya yang gampang rontok bila tersentuh dan penuh bintik hitam ia lamur dengan bedak dasar, agar kembali bersih mulus. Ketika merias mayat Bu Tundri, ia termenung menatap wajah perempuan yang terbaring dalam peti mati itu: apakah harus kesal karena merasa telah dijerumuskan pada pekerjaan ini, atau ia harus berterima kasih karena berkat Bu Tundri, ia bisa punya pekerjaan. Ketika banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan, punya pekerjaan sebagai perias mayat tentu saja masih jauh lebih beruntung daripada menjadi pengangguran.
    C.      Setelah bertahun-tahun menjadi perias mayat, ia tetap merasa gamang tiap mengingat Bu Tundri. Ketika Bu Tundri meninggal karena kanker kulit, ia juga yang merias mayatnya. Kulit wajahnya yang gampang rontok bila tersentuh dan penuh bintik hitam kulamur dengan bedak dasar, agar kembali bersih mulus. Ketika merias mayat Bu Tundri, ia termenung menatap wajah perempuan yang terbaring dalam peti mati itu: apakah harus kesal karena merasa telah dijerumuskan pada pekerjaan ini, atau ia harus berterima kasih karena berkat Bu Tundri, ia bisa punya pekerjaan. Ketika banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan, punya pekerjaan sebagai perias mayat tentu saja masih jauh lebih beruntung daripada menjadi pengangguran.
   D.    Setelah bertahun-tahun menjadi perias mayat, aku tetap merasa gamang tiap mengingat Bu Tundri. Ketika Bu Tundri meninggal karena kanker kulit, ia juga yang merias mayatnya. Kulit wajahnya yang gampang rontok bila tersentuh dan penuh bintik hitam ia lamur dengan bedak dasar, agar kembali bersih mulus. Ketika merias mayat Bu Tundri, ia termenung menatap wajah perempuan yang terbaring dalam peti mati itu: apakah harus kesal karena merasa telah dijerumuskan pada pekerjaan ini, atau ia harus berterima kasih karena berkat Bu Tundri, aku bisa punya pekerjaan. Ketika banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan, punya pekerjaan sebagai perias mayat tentu saja masih jauh lebih beruntung daripada menjadi pengangguran.
30.    Cermatilah paragraf berikut ini!
Ada lima pantai di Belitung yang wajib kamu kunjungi. Pantai-pantai itu adalah : Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai dan Pantai Burung Mandi. Main-main ke pantai-pantai di sana bikin lupa daratan.

Perbaikan penggunaan tanda baca dalam paragraf tersebut adalah ....
A.     Pantai-pantai itu adalah  Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai, dan Pantai Burung Mandi.
B.     Pantai-pantai itu adalah : Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai, dan Pantai Burung Mandi.
C.     Pantai-pantai itu adalah,  Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai, dan Pantai Burung Mandi. Pantai-pantai itu adalah : Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai, dan Pantai Burung Mandi.
D.    Pantai-pantai itu : Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang, Pantai Nyiur Melambai dan Pantai Burung Mandi.

31.     Bacalah kutipan teks cerpen berikut ini!
Bukan. Bukan saya tidak pernah memasak sama sekali. Saya pernah merebus mi instan, menggoreng telur, atau beberapa hal lain untuk bertahan hidup. Lebih-lebih ketika masih mahasiswa dulu. Tapi ini berbeda. Memasak yang dimaksud ibu saya bukan sekadar bisa, melainkan memang lihai sebab akan memengaruhi rasa.
Sekali lidah harus langsung enak terasa sehingga sampai sajian tandas di piring kenangan baiklah yang terbawa. Maka, demi memenuhi angan-angan punya anak perempuan yang bisa menyajikan penganan enak itu, ibu kemudian mendesak saya datang ke rumahnya.

Nilai kehidupan yang terdapat dalam teks cerpen tersebut adalah ....
A.     Seorang perempuan harus bisa membuat makanan enak
B.     Seorang perempuan dituntut harus bisa memasak
C.     Seorang ibu harus mengajari anak perempuan memasak
D.    Seorang ibu harus bisa mengajari anak perempuan memasak enak

32.    Bacalah kutipan teks fabel berikut ini!
Pada suatu hari di sebuah hutan tinggallah tiga ekor gajah bersaudara. Mereka terkenal sangat bijaksana. Meskipun berukuran besar, mereka tetap menghargai tikus yang bertubuh kecil. Padahal harimau dan hewan buas lainnya banyak menyepelekan kehadiran tikus.”Tuhan tidak mungkin menciptakan tikus kalau tidak ada manfaatnya bagi kehidupan mahluk hidup lainnya,” kata gajah.
Si gajah membiarkan para tikus tinggal di dekat rumahnya. Dengan tinggal dekat gajah para tikus merasa lebih aman. Burung hantu, kucing, atau hewan pemangsa tikus lainnya jadi segan mengganggunya. Namun suatu hari, tiba-tiba datanglah sekelompok pemburu ke hutan itu. Kemudian mereka berhasil menangkap tiga ekor gajah itu dengan jaring yang besar dan kuat. Si gajah sangat sedih karena tak satu hewan pun di hutan itu yang bisa menolong mereka.
Melihat kejadian itu, para tikus sepakat untuk menolong gajah. Saat sang pemburu lengah mereka mengigit jaring perangkap gajah sehingga para gajah bisa melepaskan diri dari jaring itu. Lalu ketiga gajah itu pun mengucapkan terima kasih dan sangat berhutang budi pada tikus.
Akhirnya mulai saat itu seluruh hewan di hutan pun tak pernah lagi menyepelekan keberadaan si tikus. Kini mereka berteman baik dan hidup akur di dalam hutan.

Pelajaran yang dapat dipetik  berdasarkan teks  tersebut adalah ....
     A.   Jangan memusuhi makhluk yang lemah
     B.   Jangan pernah melupakan kebaikan orang lain
     C.   Jangan mengukur kekuatan melalui ukuran tubuh
    D.  Jangan membeda-bedakan makhluk hidup lainnya

33.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut ini!
Dengan doa-doa yang selalu kupanjatkan demi keselamatanmu, aku yakin sekarang kau telah tumbuh menjadi gadis remaja yang cantik. Meski hingga saat ini aku belum tahu pasti wajahmu seperti apa saat remaja. Minggu lalu aku sengaja berseluncur di media sosial. Kucari nama Varsha Agnimaya di Facebook. Lalu, kutemukan foto gadis remaja cantik yang masih memakai seragam SMA. Berkulit putih, rambut lurus terurai, mata yang bulat, dan senyuman yang berseri. Kuyakin itu dirimu.
Pasti banyak laki-laki remaja yang menyukaimu. Mungkin tak jarang ada laki-laki yang langsung menyatakan cinta padamu. Seperti ayahmu dulu. Dia memiliki paras yang tampan serta postur badan yang ideal, tentunya idaman para kaum hawa. Selain tampang yang begitu sempurna, sifatnya yang ramah membuat banyak juga perempuan yang terpesona. Bahkan, ada juga yang sangat tergila-gila oleh ayahmu.

Tema kutipan teks cerpen tersebut adalah ....
A.     Harapan ayah
B.     Doa seorang ayah
C.     Kehilangan anak
D.    Rindu seorang ayah

34.    Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Dulu, setelah negatif filmnya kita cetak, dengan amat bersemangat kau bilang bahwa ayahmu masih kukuh. Kau ceritakan pula, saat memperbaiki pintu dapur yang lepas dari engselnya, ayahmu masih waswas bila tenaga mudamu tak sanggup menggeret daun pintu itu sendirian, lalu ayahmu tergesa datang membantu, hingga kalian merehab dapur ibumu bersama-sama. Masa itu ayahmu juga masih tangguh. Sepulang bekerja menggali sumur di rumah orang, sekujur tubuhnya bergelimang tanah liat. Kau bilang, hanya lidahnya yang tak berwarna tanah. "Sepanjang sekop masih beradu dengan batu-batu di kedalaman sumur, jangan pernah ragu. Ayah akan terus bergelimang tanah, sementara kalian riang gembiralah di dunia sekolah," begitu ayahmu memompa semangat kalian.

Makna simbol bergelimang tanah yang terdapat dalam kutipan teks cerpen adalah ....
A.     membangun rumah
B.     menggali sumur
C.     mengotori diri
D.    bekerja keras

35.    Cermatilah teks diskusi berikut!
Buah durian adalah salah satu buah beraroma menyengat yang disukai karena rasanya. Buah ini memiliki rasa manis dan tekstur yang legit. Tidak banyak yang tahu bila buah berduri ini mengandung berbagai khasiat, mulai dari antidepresan, menunda penuaan dini, baik bagi pencernaan, hingga memperkuat tulang dan gigi.
Buah durian di Indonesia dikonsumsi dengan dua cara. Pertama, secara langsung yakni mengonsumsi daging buahnya. Kedua, diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya sambal tempoyak khas Sumatera. Selain itu, durian bisa diolah menjadi dodol dan makanan manis lainnya.

Ringkasan isi teks diskusi tersebut adalah ....
A.     buah durian yang beraroma menyengat dapat dikonsumsi dengan dua cara
B.     buah durian disukai karena rasanya dan dapat dikonsumsi dengan dua cara
C.     meskipun aromanya menyengat, buah durian sangat disukai karena bisa dimakan secara langsung dan diolah
D.    buah durian disukai karena rasa dan khasiatnya serta dapat dikonsumsi secara langsung dan diolah

36.    Cermatilah teks diskusi berikut ini!
(1) Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah dilakukan dari dulu. (2) Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. (3) Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga menjadi bermanfaat bagi kesehatan, seperti polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang  dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung , ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang berfungsi membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi.(4) Meskipun banyak manfaat dari meminum teh, tetapi kebiasaan mengonsumsi teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian.

Kalimat yang menyatakan persetujuan pada teks tersebut ditandai nomor ....
A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

37.    Cermatilah teks berikut!
Bermain bagi anak-anak merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A.     Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B.     Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C.     Permainan dapat mempengaruhi kondisi emosional anak.
D.    Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata.  
38.    Bacalah teks ulasan berikut ini!
Sagu digunakan oleh masyarakat yang mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Sumber karbohidrat ini dapat mengatasi kembung, sembelit, asam lambung, maag, dan gangguan lainnya. Kemampuan ini diperoleh karena sagu memproduksi enzim pencernaan. Selain itu, pergerakan usus secara keseluruhan juga dapat dibantu oleh sagu sehingga usus tidak kering. Penderita gastroenteresis dan muntaber dapat mengonsumsi sagu untuk meredakannya.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ...
A.     sagu mengandung enzim pencernaan
B.     sagu merupakan makanan pokok
C.     sagu dapat membantu pergerakan usus
D.    sagu dapat digunakan sebagai makanan pereda gastroenteresis dan muntaber

39.    Cermatilah data peristiwa berikut ini!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami  jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00,
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami.
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus.


Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ….
A. (5) – (2) – (1) – (3) – (4)
B. (4) – (5) – (2) – (1) – (3)
C. (5) – (3) – (2) – (4) – (1)
   D.(4) – (2) – (5) – (3) – (1)


40.    Cermatilah data pengamatan berikut ini!
Hama Padi di Sawah Desa Putihan
Hal  yang diamati  : Hama padi
Waktu                   : Pukul 08.00 sampai 09.00 WIB
Pelaksanaan          : Rabu,  19 September 2019
Lokasi                   : Sawah di Desa Putihan
Tujuan                  : Mengamati jenis hama yang menyerang padi
Hasil                 : - Hama yang menyerang padi, di antaranya walang sangit, wereng, dan belalang
                              - Para petani menggunakan pestisida organik untuk membasmi hama padi.
- Pestisida organik tidak membunuh cacing yang bermanfaat menyuburkan tanah

Teks laporan yang tepat berdasarkan data pengamatan tersebut adalah ...
A.     Hama Padi di Sawah Desa Putihan
Pada hari Rabu , 18 September 2019, saya melakukan pengamatan terhadap hama padi di sawah Desa Putihan. Pengamatan berlangsung selama satu jam, yakni mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Setelah diamati, ternyata padi di sawah Desa Putihan diserang beberapa hama padi. Hama padi tersebut di antaranya walang sangit, wereng, dan belalang.
Para petani tidak tinggal diam dengan adanya hama tersebut karena hama tersebut dapat mengurangi hasil panen nanti. Oleh karena itu, para petani membasmi hama tersebut menggunakan pestisida organik. Para petani memilih menggunakan pestisida organik karena pestisida tersebut ramah lingkungan. Pestisida tersebut tidak membunuh cacing yang dapat menyuburkan tanah.
B.     Hama Padi di Sawah Desa Putihan
Pada hari Rabu , 19 September 2019, saya melakukan pengamatan terhadap hama padi di sawah Desa Putihan. Pengamatan berlangsung selama satu jam, yakni mulai pukul 08.00 sampai 09.00 WIB. Setelah diamati, ternyata padi di sawah Desa Putihan diserang beberapa hama padi. Hama padi tersebut di antaranya walang sangit, wereng, dan belalang.
Para petani tidak tinggal diam dengan adanya hama tersebut karena hama tersebut dapat mengurangi hasil panen nanti. Oleh karena itu, para petani membasmi hama tersebut menggunakan pestisida organik. Para petani memilih menggunakan pestisida organik karena pestisida tersebut ramah lingkungan. Pestisida tersebut tidak membunuh cacing yang dapat menyuburkan tanah. Demikian laporan pengamatan yang telah saya buat, atas perhatian teman-teman dan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
C.     Hama Padi di Sawah Desa Putihan
Pada hari Rabu , 20 September 2019, saya melakukan pengamatan terhadap hama padi di sawah Desa Putihan. Pengamatan berlangsung selama satu jam, yakni mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Setelah diamati, ternyata padi di sawah Desa Putihan diserang beberapa hama padi. Hama padi tersebut di antaranya walang sangit, wereng, dan belalang.
Para petani tidak tinggal diam dengan adanya hama tersebut karena hama tersebut dapat mengurangi hasil panen nanti. Oleh karena itu, para petani membasmi hama tersebut menggunakan pestisida organik. Para petani memilih menggunakan pestisida organik karena pestisida tersebut ramah lingkungan. Pestisida tersebut tidak membunuh cacing yang dapat menyuburkan tanah.
D.    Hama Padi di Sawah Desa Putihan
Pada hari Rabu , 21 September 2019, saya melakukan pengamatan terhadap hama padi di sawah Desa Putihan. Pengamatan berlangsung selama satu jam, yakni mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Setelah diamati, ternyata padi di sawah Desa Putihan diserang beberapa hama padi. Hama padi tersebut di antaranya walang sangit, wereng, dan belalang.
Para petani tidak tinggal diam dengan adanya hama tersebut karena hama tersebut dapat mengurangi hasil panen nanti. Oleh karena itu, para petani membasmi hama tersebut menggunakan pestisida organik. Para petani memilih menggunakan pestisida organik karena pestisida tersebut ramah lingkungan. Pestisida tersebut tidak membunuh cacing yang dapat menyuburkan tanah. Demikian laporan pengamatan yang telah saya buat, atas perhatian teman-teman dan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

41.     Cermatilah kutipan teks cerpen berikut!
Sekitar pukul 16:00, ketika saya dan istri belum sempat mandi, seorang laki-laki tua berjanggut panjang, memakai sarung, baju beskap, dan tutup kepala blangkon, serta memakai tongkat, datang, dan memperkenalkan diri. Namanya Manggolo. Anak dia, Suroto, adalah satu-satunya pemilik foto studio di kota ini. Dulu ada beberapa foto studio, semua bangkrut, tidak mampu melawan kehebatan Suroto.
Latar waktu pada kutipan teks cerpen tersebut adalah ....
A.     pagi
B.     siang
C.     sore
D.    malam
42.    Cermatilah kutipan teks fabel berikut ini!
Di sebuah hutan ada pemburu yang ditemani anjingnya. Ia mencari hewan-hewan hutan untuk dimangsanya. Anjing tersebut dilatih untuk memburu hewan-hewan di hutan. Pemburu tersebut akhirnya mencari buruannya bersama sang anjing. Di tengah-tengah pemburuannya, ia melihat kancil sedang makan. Ia berusaha mengejar sang kancil sampai akhirnya sang kancil tertangkap. Sang kancil berusaha keras mengindari pemburu dan anjingnya. Namun apa daya dia malah tertangkap dan dimasukkan ke dalam kandang. Sang kancil termasuk hewan yang cerdik di hutan. Ia berusaha keluar dari kandang tesebut. Sang kancil berusaha menipu anjing tadi agar ia bisa membantu mengeluarkannya dari kandang. Kancil berkata bahwa ialah yang disayang oleh pemburu karena kancil diberikan makanan yang banyak dan diberikan kasih sayang lebih. Ia juga berkata bahwa anjing tadi akan digantikan oleh kancil.
Dengan berpikir panjang akhirnya anjing berhasil ditipu oleh sang kancil. Ia termakan kata-katanya dan tidak terima atas perkataan kancil. Akhirnya anjing membuka pintu kandang dan mengusir kancil dari tempatnya. Anjing juga mengancam kancil apabila ia masih mendekati pemburu, ia akan dimangsa oleh anjing. Sang kancil pun menjauhi tempat pemburu tadi dan berusaha meloloskan diri. Sang pemburu datang untuk mengambil buruannya. Melihat buruannya yang lepas membuat pemburu sangat marah. Pemburu tadi akhirnya marah kepada anjing tadi. Dengan kecerdikannya, kancil dapat terlepas dari bahaya yang mengancamnya.

Tokoh utama dalam kutipan teks fabel tersebut adalah ....
A.     Pemburu
B.     Anjing
C.     Kancil
D.    Hewan

43.    Cermatilah kutipan teks fabel berikut ini!
Buaya melihat seekor bebek yang juga sedang berenang di sungai. Bebek tahu dia sedang diawasi oleh Buaya. Dia segera menepi. Melihat mangsanya akan kabur Buaya segera mengejar dan akhirnya Bebekpun tertangkap.
“Ampun Buaya, tolong jangan mangsa aku. Dagingku sedikit. Kenapa kamu tidak memangsa kambing saja di dalam hutan?” ucapnya seraya menangis ketakutan
“Baik, sekarang kau antar aku ke tempat persembunyian Kambing itu,” perintah buaya dengan menunjukkan taring yang sangat tajam.
Kutipan teks fabel tersebut merupakan struktur bagian ....
A.     Orientasi
B.     Komplikasi
C.     Resolusi
D.    Koda

44.    Cermatilah teks berikut ini!

Musim memang tak dapat diprediksi manusia. Musim kemarau tiba dengan jangka waktu yang sangat panjang itu wajar. Hal itu memengaruhi keadaan hutan karena hutan yang setiap hari disinari matahari terik dapat menimbulkan percikan api. Hal ini juga serupa bila terjadi petir lalu petir tersebut menyambar suatu bagian hingga timbul percikan api.

Unsur kebahasaan yang mendominasi teks tersebut adalah pada penggunaan ….
        A. konjungsi sebab akibat
        B. konjungsi penambahan
        C. konjungsi pertentangan
        D. konjungsi waktu....


45.    Cermatilah kutipan teks fabel berikut ini!
Di sebuah hutan dengan pohon-pohon yang lebat dan daun-daun yang hijau seekor bangau sedang berjalan dengan kaki panjangnya ke sebuah sungai. Dia ingin menangkap ikan dan kodok.
Kodok, adalah makanan favorit si bangau. Bangau mempunyai sahabat akrab di hutan itu yang bernama kera. Mereka saling membantu. Si bangau suka mencari kutu si kera dan mengantarkan kera terbang jauh.
Sayapnya yang lebar, kakinya yang panjang, dan lehernya yang panjang itu Bangau masih memanfaatkan untuk berpergian jauh. Karena sayap yang lebar dan kuat, Kera jadi semakin senang dengan bangau. Namun, dia tak pernah membantu atau membalas budi si bangau.
Kera selalu licik dan khianat inginnya sendiri. Saat itu mereka berdua berjalan-jalan mencari makanan untuk berdua, Bangau belum sadar bahwa kera itu licik dan menipunya.

Makna kata budi dalam kutipan teks fabel tersebut adalah ....
A.     kebaikan
B.     akal
C.     perasaan
D.    kecerdikan

46.    Bacalah teks biografi berikut ini!
Ahmad Zaky lahir di Sragen pada 24 Agustus 1986. Seorang pengusaha muda yang sukses asal Indonesia yang bergerak di bidang internet. Zaky merupakan pendiri sekaligus CEO dari situs e-commerce Bukalapak.com, sebuah perusahaan E-Commerce Indonesia berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM).
Proses pendirian Bukalapak juga tidak seindah tanpa tantangan yang berat. Tantangan terberat menurut Zaky adalah mengajak pedagang untuk bergabung pada situs bukapalaknya. Karena pada saat itu, kepercayaan masyarakat atas jual beli daring masih sangat kecil.
Berawal dari tim kecil yang terdiri dari 3 orang (1 orang staf, 1 orang untuk bantu-bantu, dan Zaky sendiri), kini Bukalapak menjadi salah satu e-commerce paling sukses di Indonesia yang transaksi perharinya bisa mencapai 500 juta rupiah.

Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam teks biografi tersebut adalah ....
A.     pendiri sekaligus CEO dari situs e-commerce Bukalapak.com
B.     bisa meyakinkan masyarakat agar melakukan transaksi jual beli secara daring
C.     bisa menghadapi tantangan berat dengan mengajak pedagang untuk bergabung dalam situs daringnya
D.    salah satu pendiri e-commerce Bukalapak.com yang sukses

47.    Bacalah teks biografi berikut ini!
Ustadz Dr. Adi Hidayat, Lc., MA. lahir di PandeglangBanten11 September 1984. Beliau adalah ulama asal Indonesia yang dapat menguasai isi kitab suci Alquran beserta letak barisnya. Selain itu, ia juga menguasai ilmu hadist dan berbagai kitab agama beserta makna dan posisinya. Pada 2013, Ustadz Adi mendirikan Quantum Akhyar Institute dan tiga tahun berikutnya ia mendirikan Akhyar TV sebagai media dakwah utama. Saat ini Ustadz Adi aktif menjadi narasumber keagamaan baik taklim, seminar, dan selainnya. Ia juga aktif menulis dan telah memiliki beberapa karya dalam bahasa Arab dan Indonesia.

Keistimewaan tokoh dalam teks biografi tersebut adalah ....
A.     Aktif menulis dalam bahasa Arab dan Indonesia
B.     Aktif menjadi narasumber keagamaan
C.     Menguasai isi kitab suci Al-Qur’an beserta letak barisnya
D.    Mendirikan stasiun  Akhyar TV sebagai media dakwah

48.    Bacalah teks eksposisi berikut ini!
Rabun jauh atau miopi adalah gangguan pada penglihatan yang menyebabkan objek yang letaknya jauh terlihat kabur, tetapi tidak ada masalah melihat objek yang letaknya dekat. Miopi atau rabun jauh dikenal juga dengan istilah mata minus.Miopi atau rabun jauh terjadi karena mata yang tidak dapat memfokuskan cahaya pada tempat yang semestinya, yaitu pada retina mata. Gejala utama rabun jauh adalah kaburnya penglihatan ketika melihat benda-benda yang jauh, misalnya tulisan di papan tulis atau rambu lalu lintas. Miopi dapat ditangani dengan penggunaan kacamata. Selain kacamata, miopi juga dapat ditangani dengan operasi LASIK yang menggunakan sinar laser.

Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam isi teks tersebut adalah ....
A.     Sejak kapan rabun jauh itu ada?
B.     Siapa biasanya yang terkena rabun jauh?
C.     Kapan ditemukan sistem operasi LASIK?
D.    Bagaimana cara penanganan gangguan rabun jauh?

49.    Bacalah teks berita berikut ini!
Raut wajah gembira tampak terpancar dari Yani, warga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Saat itu, orang nomor satu di DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Pulau Tidung untuk meresmikan JakGrosir. Kehadiran JakGrosir ini untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu. Harga kebutuhan pokok, terutama bahan pangan di daerah tersebut saat ini masih cukup tinggi dibandingkan dengan harga yang ada di daratan Jakarta. Di JakGrosir ini harga barang-barang yang dijual setara dengan yang ada di wilayah perkotaan Jakarta.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks adalah ....
A.     harga barang-barang di JakGrosir lebih murah daripada di wilayah daratan Jakarta
B.     warga Pulau Tidung gembira dengan kedatangan Anies Baswedan
C.     JakGrosir mengendalikan harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu
D.    Anies Baswedan menentukan harga barang-barang di JakGrosir

50.    Cermatilah paragraf berikut ini!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serius ingin mengembalikan Kepulauan Seribu menjadi salah satu daerah penghasil komoditas(1) rumput laut dengan kualitas(2) bagus di Indonesia.

Makna kata yang semakna dengan komoditas kualitas dalam teks tersebut adalah ....
A.     (1) barang dagangan utama; (2) mutu
B.     (1) barang barteran; (2) mutu
C.     (1) barang ekspor; (2) jumlah
D.    (1) barang impor; (2) jumlah

38 Responses to "Tugas 2 Kelas IX (21 Maret 2020)"

  1. Nama : Rosalia N
    Kelas:IXA
    26.c
    27.c
    28.d
    29.a
    30.a
    31.c
    32.d
    33.d
    34.d
    35.d
    36.c
    37.c
    38.b
    39.d
    40.b
    41.c
    42.a
    43.b
    44.d
    45.a
    46.c
    47.c
    48.d
    49.c
    50.a

    BalasHapus
  2. Nama; aji wuguWi
    Kelas :Ixa
    26.b
    27.c
    28.d
    29.a
    30.a
    31.c
    32.d
    33.a
    34.d
    35.d
    36.c
    37.a
    38.b
    39.a
    40.b
    41.c
    42.a
    43.b
    44.c
    45.a
    46.c
    47.c
    48.d
    49.c
    50.b

    BalasHapus
  3. An.wardiana
    Kls.9b
    26.c
    27.c
    28.d
    29.d
    30.b
    31.a
    32.c
    33.d
    34.d
    35.c
    36.b
    37.b
    38.a
    39.b
    40.b
    41.c
    42.c
    43.b
    44.a
    45.a
    46.c
    47.c
    48.d
    49.c
    50.a

    BalasHapus
  4. Nama : Tika Rohmawati
    Kelas:IXA
    26.b
    27.d
    28.d
    29.a
    30.a
    31.b
    32.d
    33.d
    34.d
    35.c
    36.d
    37.a
    38.a
    39.d
    40.b
    41.c
    42.a
    43.b
    44.c
    45.a
    46.b
    47.c
    48.d
    49.a
    50.a

    BalasHapus
  5. Nama: Muhammad Andri
    Kelas:9a
    26.b
    27.d
    28.a
    29.d
    30.b
    31.a
    32.c
    33.a
    34.d
    35.c
    36.b
    37.b
    38.a
    39.b
    40.b
    41.c
    42.c
    43.b
    44.a
    45.b
    46.c
    47.a
    48.d
    49.c
    50.b

    BalasHapus
  6. Nama : DIMAS K I
    KELAS: IXA
    26.B
    27.C
    28.D
    29.A
    30.B
    31.C
    32.C
    33.D
    34.C
    35.D
    36.C
    37.D
    38.A
    39.D
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.C
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  7. Nama :Astri Ayu R
    Kelas:IXa
    26.C
    27.B
    28.D
    29.A
    30.B
    31.B
    32.D
    33.D
    34.C
    35.B
    36.D
    37.C
    38.B
    39.D
    40.B
    41.C
    42.B
    43.C
    44.A
    45.A
    46.D
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  8. NAMA:NABHAN NUR WAKHID
    KLS:9(sembilan)
    26.C
    27.B
    28.D
    29.A
    30.B
    31.B
    32.D
    33.D
    34.C
    35.B
    36.D
    37.C
    38.B
    39.D
    40.B
    41.C
    42.B
    43.C
    44.A
    45.A
    46.D
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  9. NAMA:NABHAN NUR WAKHID
    KLS:9(sembilan)
    26.C
    27.B
    28.D
    29.A
    30.B
    31.B
    32.D
    33.D
    34.C
    35.B
    36.D
    37.C
    38.B
    39.D
    40.B
    41.C
    42.B
    43.C
    44.A
    45.A
    46.D
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  10. NAMA:NABHAN NUR WAKHID
    KLS:9(sembilan)
    26.C
    27.B
    28.D
    29.A
    30.B
    31.B
    32.D
    33.D
    34.C
    35.B
    36.D
    37.C
    38.B
    39.D
    40.B
    41.C
    42.B
    43.C
    44.A
    45.A
    46.D
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  11. NAMA:NABHAN NUR WAKHID
    KLS:9(sembilan)
    26.C
    27.B
    28.D
    29.A
    30.B
    31.B
    32.D
    33.D
    34.C
    35.B
    36.D
    37.C
    38.B
    39.D
    40.B
    41.C
    42.B
    43.C
    44.A
    45.A
    46.D
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  12. Nama:Cahya Gumilar
    Kelas:9a
    26.C
    27.C
    28.D
    29.A
    30.A
    31.B
    32.B
    33.A
    34.D
    35.D
    36.C
    37.C
    38.A
    39.B
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.B
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  13. Nama:Tiara apriliani
    Kelas:9a
    26.B
    27.C
    28.D
    29.A
    30.B
    31.A
    32.C
    33.D
    34.C
    35.D
    36.C
    37.C
    38.A
    39.D
    40.B
    41.C
    42.C
    43.C
    44.A
    45.C
    46.C
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  14. Nama:Ribby SL
    kelas:IX.B
    Sudah dikirim pak

    BalasHapus
  15. Nama:Ribby SL
    kelas:IX.B
    Sudah dikirim pak

    BalasHapus
  16. Nama:Ribby SL
    kelas:IX.B
    Sudah dikirim pak

    BalasHapus
  17. Nama firmanArifhidayat
    Kelas IX a
    26.b
    27.b
    28.d
    29.d
    30.a
    31.c
    32.d
    33.d
    34.d
    35.d
    36.c
    37.c
    38.b
    39.b
    40.b
    41.c
    42.a
    43.b
    44.d
    45.a
    46.c
    47.c
    48.d
    49.c
    50.a

    BalasHapus
  18. Nama:Novi s.m
    Kelas:IX.b
    Sudah di kirim lewat email pak

    BalasHapus
  19. NAMA : JENITA RAHMAYANTI
    KELAS: IXA
    26.C
    27.C
    28.D
    29.A
    30.A
    31.D
    32.D
    33.D
    34.D
    35.C
    36.C
    37.B
    38.A
    39.D
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.B
    47.C
    48.B
    49.C
    50.A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pa yang ini yang betul ...ternyata
      sudah ada 😁

      Hapus
  20. Nama:cahya.f
    Kelas:9a
    26.b
    27.d
    28.a
    29.d
    30.b
    31.a
    32.c
    33.a
    34.d
    35.c
    36.b
    37.b
    38.a
    39.b
    40.b
    41.c
    42.c
    43.b
    44.a
    45.b
    46.C
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  21. JENITA R
    IX A

    26.C
    28.C
    29.A
    30.A
    31.D
    32.D
    33.D
    34.D
    35.C
    36.C
    37.B
    38.A
    39.B
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.B
    47.C
    48.B
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  22. Nama : Melisa Dewinta M
    Kelas: IXB
    Sudah dikirim

    BalasHapus
  23. Nama: Dimas K I
    Kelas:IXA
    Sudah dikirim

    BalasHapus
  24. Nama: Dimas K I
    Kelas:IXA
    Sudah dikirim

    BalasHapus
  25. Nama:Didit E P
    Kelas:IXA
    Sudah dikirim
    26.B
    27.C
    28.D
    29.A
    30.B
    31.C
    32.C
    33.D
    34.C
    35.D
    36.C
    37.D
    38.A
    39.D
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.C
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  26. Nama:dandi f
    Kls:IX A
    : IXA
    26.C
    27.B
    28.D
    29.A
    30.B
    31.C
    32.C
    33.D
    34.C
    35.D
    36.C
    37.D
    38.A
    39.D
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.B
    45.A
    46.C
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  27. Nama : Eka yuliani
    Kelas: 9a

    26.B
    27.B
    28.D
    29.A
    30.B
    31.C
    32.D
    33.D
    34.D
    35.D
    36.D
    37.C
    38.A
    39.D
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.C
    47.C
    48.D
    49.C
    50.A

    BalasHapus
  28. Nama: Windy Agustina
    Kelas: IX b
    26.B
    27.D
    28.D
    29.A
    30.A
    31.C
    32.D
    33.D
    34.C
    35.D
    36.D
    37.C
    38.D
    39.B
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.C
    47.C
    48.D
    49.A
    50.A

    BalasHapus
  29. Nama: Windy Agustina
    Kelas: IX b
    26.B
    27.D
    28.D
    29.A
    30.A
    31.C
    32.D
    33.D
    34.C
    35.D
    36.D
    37.C
    38.D
    39.B
    40.B
    41.C
    42.C
    43.B
    44.A
    45.A
    46.C
    47.C
    48.D
    49.A
    50.A

    BalasHapus
  30. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus